INFO

Cegah Wabah Corona, Ini Deretan Negara yang Menutup Masjid

21 Maret 2020 Adm Berita Desa Dibaca 830 Kali

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 21 Maret 2020 09:07 WIB

SITUASI global pandemi virus corona (COVID-19) telah berdampak di lebih dari 100 negara di dunia. Hal ini membuat pemerintah di masing-masing negara mengambil tindakan dengan menutup tempat-tempat umum, termasuk masjid.

Hal ini dilakukan terkait upaya mencegah penyebaran virus corona yang menular dengan cepat tersebut. Lalu, negara-negara mana saja yang sudah melakukan penutupan masjid? Simak deretannya berikut ini.

Arab Saudi

Negara yang terletak di Asia Barat itu secara resmi telah mengumumkan pemberlakuan penutupan untuk seluruh masjid kecuali Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Seperti dilansir dari laman Dawn, Kamis (19/3/2020) penutupan masjid secara serentak tersebut diberlakukan sejak Selasa, 17 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Brunei Darussalam

Negara tetangga Tanah Air tersebut juga melakukan hal serupa. Masjid, mushola, dan aula keagamaan ditutup selama sepekan hingga Senin 23 Maret 2020. Penutupan berlaku mulai dari Salat Subuh hingga Salat Isya.

Keputusan menutup masjid, mushola dan tempat ibadah lainnya merupakan keputusan dari pertemuan Brunei Islamic Religious Council (MUIB) yang membahas Fatwa Mufti Negara guna mencegah penyebaran virus corona COVID-19.

Penutupan masjid dan mushola ini diumumkan oleh Menteri Agama Brunei Darussalam, Pehin Udana Khatib Dato Paduka Seri Setia Ustaz Haji Awang Badaruddin bin Pengarah Dato Paduka Haji Awang Othman.

Tajikistan

Melansir Reuters pada Kamis (19/3/2020), penutupan masjid juga diumumkan secara langsung oleh Dewan Ulama Nasional Tajikistan sejak 4 Maret 2020 . Dewan Ulama mengimbau agar kegiatan yang mengumpulkan banyak orang seperti Salat Jumat ditiadakan sementara, namun aturan ini tidak berlaku untuk pemakaman jenazah.

 

Sumber : https://muslim.okezone.com/read/2020/03/20/614/2186573/cegah-wabah-corona-ini-deretan-negara-yang-menutup-masjid?page=1

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar